Categories
Uncategorized

Jenis Kain Berdasarkan Jenis Serat

Serat alami, berasal dari bahan alami, yaitu tumbuhan dan hewan. Serabut hewani umumnya berasal dari bulu hewan, sedangkan serat nabati umumnya berasal dari bagian tanaman, seperti kulit kayu, batang, akar, daun.

Serat alami sebenarnya lebih sulit untuk diproduksi daripada serat buatan, tetapi dengan keunggulan serat alami yang lebih dingin dan lebih nyaman digunakan, yang membuat harganya lebih mahal daripada serat buatan.

Jenis-jenis kain yang termasuk dalam serat alami meliputi:

Serat Linen / Flax

Ini adalah serat dari jenis batang. Linen adalah jenis kain yang dibuat untuk pertama kalinya oleh orang-orang dari zaman prasejarah 500-1000 SM.

Jenis pakaian dalam ini cenderung kaku dan tebal dan sering digunakan sebagai sprei, handuk, gorden, seprai. Kain ini digunakan di Mesir kuno untuk membungkus mumi, karena dianggap sebagai simbol kemurnian dan cahaya.

Saat ini penggunaan linen sering diganti dengan kapas, karena lebih mudah didapat.

Serat Kapas

Berasal dari tanaman kapas dan lebih dikenal dengan nama jenis kain katun. Jenis kain katun ini lebih mudah diperoleh dan harganya terjangkau, seratnya nyaman dan dapat digunakan di semua bidang kehidupan.

Serat kapas sangat penting dalam industri tekstil karena bahannya sudah tersedia, sangat tahan. Sifat kapas kurang musim semi, yang membuat kapas sedikit kusut.

Kapas dipintal dan kemudian diubah menjadi benang, akhirnya dianyam menjadi kanvas. Industri tekstil sangat bergantung pada kapas sebagai bahan utama.

Serat Jute

Serat rami berasal dari Afrika dan telah digunakan oleh Mesir. Budidaya rami telah menyebar ke Asia, khususnya India dan Pakistan. Serat rami berasal dari batang kulit tanaman Corchoruscapsularis dan Corchorusolitorius.

Karakteristik fisik serat rami adalah serat dan kekuatannya bersinar sementara permukaannya kasar. Rami dapat ditanam di daerah tropis atau subtropis, dengan kondisi iklim yang panas dan lembab, kadang tumbuh dengan baik di tepi sungai. Serat goni digunakan untuk membuat jok dan tas.

Serat Rami

Serat rami diperoleh dari strain tanaman Boehmeria Nivea. Flax telah tumbuh di Indonesia sejak zaman kolonial Belanda. Serat rami juga telah digunakan sebagai mumi pembukngkus selama 5000 tahun sebelum masehi.

Di Jepang, serat tami digunakan sebagai bahan untuk produksi kimono. Serat rami tahan terhadap bakteri dan tanaman obat. Karakteristik fisik serat rami adalah warnanya yang putih cerah dan tidak mudah berubah warna.

Serat linen sangat dihargai oleh desainer karena teksturnya yang nyaman dan cocok untuk pakaian apa pun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *